Selasa, 05 September 2023

Mengapa Guru Sekarang Perlu Mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PPGP)?

 

Dokumentasi Kegiatan Lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Kab. Kendal

Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. Di dalam sistem pendidikan, peran guru sangatlah vital. Guru bukan hanya sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai pemimpin, motivator, dan penggerak perubahan dalam perkembangan pendidikan. Untuk itulah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Indonesia telah menghadirkan program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan menyebarluaskan praktik pendidikan terbaik. Artikel ini akan membahas mengapa guru-guru saat ini perlu mengikuti Pendidikan Guru Penggerak dari Kemdikbudristek.

1. Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Dalam era digital yang terus berkembang, guru harus terus mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Pendidikan Guru Penggerak memberikan pelatihan dan pemahaman mendalam tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dengan begitu, guru akan lebih siap menghadapi tantangan dalam mengajar di era modern ini. Mereka dapat mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran, membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan relevan bagi generasi muda yang tumbuh dalam era digital.

2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Pendidikan Guru Penggerak memberikan guru-guru akses ke berbagai metode pengajaran inovatif dan strategi pembelajaran yang terbukti efektif. Guru akan mempelajari berbagai pendekatan baru dalam mengajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran, diharapkan prestasi akademik siswa akan meningkat, dan mereka akan menjadi lebih siap menghadapi tantangan masa depan.

Baca juga: Tips Menjdadi Guru Inspiratif

3. Memahami Kebutuhan Siswa

Setiap siswa memiliki kebutuhan dan potensi yang berbeda. Pendidikan Guru Penggerak membantu guru untuk memahami perbedaan ini dan mengembangkan pendekatan yang dapat mengakomodasi beragam kebutuhan siswa. Ini termasuk pemahaman mendalam tentang inklusi pendidikan, di mana semua siswa, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, dapat belajar bersama dalam lingkungan pendidikan yang inklusif.

4. Memperluas Jaringan dan Kolaborasi

Program ini juga memberikan kesempatan kepada guru untuk berkolaborasi dengan sesama pendidik dari berbagai daerah. Melalui berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif, guru dapat mengembangkan wawasan mereka dan meningkatkan kualitas pengajaran. Kolaborasi ini dapat membantu membangun komunitas pendidik yang kuat, yang pada gilirannya akan mendukung perbaikan sistem pendidikan secara keseluruhan.

5. Mengembangkan Pemimpin Pendidikan

Pendidikan Guru Penggerak tidak hanya tentang meningkatkan keterampilan mengajar, tetapi juga tentang mengembangkan pemimpin pendidikan yang mampu memimpin perubahan dalam sekolah dan lingkungan pendidikan mereka. Guru yang mengikuti program ini memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat nasional.

6. Mendorong Keprofesionalan

Pendidikan Guru Penggerak memberikan pengakuan kepada guru sebagai profesional dalam bidangnya. Ini mendorong guru untuk terus meningkatkan kompetensinya, merawat integritas, dan berkomitmen pada pendidikan yang berkualitas. Guru yang mengikuti program ini akan merasa dihargai dan didukung dalam perjalanan mereka sebagai pendidik.

Lima Kompetensi Dasa Calon Guru Penggeral

Dalam rangka menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan mampu bersaing di tingkat global, guru-guru saat ini perlu terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Program Pendidikan Guru Penggerak dari Kemdikbudristek adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai hal tersebut. Dengan mengikuti program ini, guru akan menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada peningkatan pendidikan di Indonesia.

Baca Juga:

  1. Elemen Pedagogik
  2. Elemen Kepribadian
  3. Elemen Sosial
  4. Elemen Profesional
  5. Elemen Pendukung AKtualisasi Diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi Hari Guru, 25 November 2023

  Pagi itu, saya terbangun dengan perasaan yang berbeda dari biasanya. Saya merasa sangat bahagia dan gembira. Saya tidak tahu apa yang memb...